Minggu, 23 Januari 2011

Story of Asmak Apriliana (Pemateri LIME)

Diambil dari sebuah blog http://novalistan.blogspot.com/2009/09/story-of-my-friend-asmak-afriliana.html diposkan pada 14 September 2009.

Assalamu’alaykum. Wr. Wb..
Saudaraq..segala puji hanya bagi atas segala nikmat dan karunia-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah saw, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya. Amin…

Artinya: “Kamu adalah Umat Yang Terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik“ (Al – imron: 110).
Saudaraq..sebagian dari kita sering berfikir bahwa apalah artinya kita ini??seakan tidak berguna oleh karena banyaknya kekurangan yang dimiliki..padahal kita diciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang paling sempurna dan umat yang terbaik. Sudah seharusnya jika kita bersyukur dan berbuat yang terbaik untuk kehidupan di dunia serta di akherat nanti..
Seperti halnya yang telah terjadi kepadaku teman..awalnya aku tidak pernah menyangka bahwa aku akan mendapatkan apa yang telah aku dapatkan saat ini. Sesuatu yang luar biasa yang subhanallah ini tidak akan pernah bisa aku raih tanpa pertolongan dariNya.. Alhamdulillah..aku akan menceritakan Sebuah Kisah Perjalanan Hidupku yang insyaAllah semoga bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi teman – teman terutama bagi diriku sendiri. Amin.
Aku adalah ASMAK AFRILIANA seorang anak kedua dari empat bersaudara. Ayahku bekerja sebagai guru SD tepatnya guru agama islam di sebuah desa terpencil di banyuwangi dan ibuku ibu rumah tangga biasa. Tapi Alhamdulillah dengan keterbatasan dana yang kami miliki justru membuat kami terutama anak – anaknya lebih bersemangat dalam menapaki kehidupan ini.
Semua berawal dari sebuah kata yakni “Ikhlas”. Keikhlasan ayah dan ibu adalah tauladan yang luar biasa, yang dari sanalah kesuksesan itu berasal.. setelah lulus SMA (tahun 2006) aku ingin bisa melanjutkan kuliah di tempat yang gratis. Tidak perlu bayar uang sekolah, dapat beasiswa per bulan serta ikatan dinas. Perfect banget kan? Ya karena aku tahu orang tuaku tidak punya dana untuk menyekolahkan aku. Dulu bahkan mereka tidak ingin aku kuliah.. tapi kemudian aku berhasil meyakinkan mereka bahwa aku bisa kuliah tanpa harus merepotkan mereka. Akhirnya kerja kerasku membuahkan hasil, ayah dan ibu mengijinkanku kuliah. Aku mendaftar di STPDN dan ikut SPMB. Sebenarnya aku tidak ingin ikut SPMB tapi mbakq memaksa, katanya jaga – jaga takutnya STPDN gak keterima. Untuk SPMB, mbakq menyarankan agar aku memilih di FK (Fakultas Kedokteran) UNEJ sebagai pilihan pertama dan pilihan kedua adalah FKM. Hal itu karena mbakq tau nilai biologiq selama SMA bagus dan seringkali dapat 9. Tapi karena aku tidak berminat karena tidak ingin merepotkan ortu dan karena aku tau sekolah di kedokteran pasti mahal akhirnya saat mengikuti SPMB aku cenderung ngawur, hingga akhirnya saat pengumuman ternyata aku GAGAL alias TIDAK LULUS. Aku adalah salah satu dari ribuan pelajar yang gagal SPMB. Tapi saat itu aku tidak sedih karena memang tidak punya keinginan untuk jadi DOKTER.
Saat aku mengikuti tes STPDN aku berjuang keras bgt.. tapi Allah berkehendak lain aku gagal psikotest saat test ketiga di Surabaya. Saat itu aku sedih sekali..akhirnya aku tidak bisa kuliah. Aku menyesal banget, di saat teman – temanku sudah kuliah di tempat – tempat bergengsi seperti IPB, ITS, ITB, STAN dll, aku hanya di rumah saja. Dulu aku sering membayangkan betapa bahagianya teman – teman yang bisa kuliah. Duduk di bangku yang khas tidak seperti SMA, ada white board dan diajari oleh dosen yang keren – keren karena sudah S2, S3 bahkan professor. Aku selalu sedih dan iri jika mengingat itu. Saking sedihnya aku jadi seorang yang pemarah, sensitive, murung dan pendiam. Itu berlangsung selama 2 bulan lamanya. Aku bukan seperti ASMAK yang biasanya..begitu kata orang tuaku. Kemudian tiba – tiba aku punya keinginan yang lain. Aku ingin pergi ke Jakarta untuk mengadu nasib, alias cari kerja. Tapi orang tua tidak setuju, mereka takut aku akan menjadi rusak jika ke kota besar itu. Bahkan ayahq sempat menangis mengetahui keinginanku itu..dia berkata untuk meyakinkan aku,”nak apa kamu ingin bapakmu ke neraka?”. Pertanyaan yang aneh menurutku saat itu. “ya gak ingin lah pak..kok bertanya seperti itu?”. Kalau tidak ingin maka jangan pergi ya!!jika kamu pergi dan ternyata tidak kuat dengan godaan disana maka di akherat bapak juga pasti akan diseret ke neraka”
Mendengar perkataan bapak yang sambil menangis, aku terdiam..aku cinta dengan kedua orang tua, ayah dan ibu sangat berarti buatq..akhirnya aku memutuskan untuk tetap di rumah. Untuk mengisi waktu luang, aku giat membantu ibu di rumah dan mengajar ngaji di TPA di dekat rumahku..
Saat itu aku bahagia sekali teman..mengajar ngaji anak – anak kecil dari TK bahkan ada yang sudah SMP. Subhanallah pengalaman yang luar biasa..dengan mengajar justru membuatq tenang dan lebih banyak ilmu tentang islam. Karena jika mengisi tausiyah aku belajar terlebih dahulu. Jadi Alhamdulillah dengan seperti itu ilmu menjadi bertambah. Saat itu aku tidak pernah berfikir lagi untuk kuliah, aku bertekad untuk tetap menjadi guru ngaji karena aku bahagia bersama adek – adek. Aku menganggap mereka seperti adekq sendiri. Selain belajar ngaji, biasanya mereka juga sering curhat ke rumah juga meminta bantuan jika ada PR. Senang sekali bisa membantu mereka semampuku..alhamdulillah..
Setelah satu bulan mengajar ngaji, tiba – tiba aku dapat info dari adek kandungku bahwa ada pendaftaran BEASISWA UNGGULAN di Jember. Saat itu aku sudah tidak berminat, tapi orang tuaku memaksaq untuk ikut apalagi esoknya adalah pendaftaran terakhir. Akhirnya bermodal nekat aku diantar bapak ke jember setelah membawa persyaratan yang dibutuhkan. Setelah itu aku mengikuti ujian selama 1 hari dari jam 8 pagi dan selesai jam 5 sore. Testnya berupa IPA terpadu, psikotest, dan toefl. Saat itu aku tidak sempat belajar karena memang waktu yang sempit dan saat mengerjakan ujian juga seadanya semampunya..
Sepulang dari test ujian masuk beasiswa unggulan, hidupku berjalan seperti biasanya. Aku tetap mengajar ngaji setiap sore dan ba’da maghrib. Seminggu kemudian tiba – tiba sepulang dari masjid mbakq memberi ucapan selamat sambil memegang tanganku. “SELAMAT ya adekq kamu keterima di program beasiswa unggulan batch I FTP UNEJ!!“. mendengar itu aku sempat tidak percaya. Tapi subhanallah walhamdulillah..ternyata benar aku keterima di program yang diadakan oleh DIKTI yang bekerjasama dengan BPKLN itu. Aku adalah salah satu dari 40 orang yang lulus se-indonesia. Dengan menjadi mahasiswa program beasiswa unggulan itu aku kuliah GRATIS biaya pendidikan selama 4 tahun atau sampai mendapat gelar S1. Tidak perlu membayar uang gedung, POMA, praktikum dll, selain itu dapat biaya hidup 800.000/bulan. Serta jika sudah lulus punya kesempatan bekerja di daerah asal yaitu banyuwangi karena mendapat surat rekomendasi dari daerah. Dan yang paling utama program beasiswa ini adalah program double degree karena bekerjasama dengan BPKLN (Biro Kerjasama Luar Negeri). Jika sampai semester 7 mempunyai IPK > 3,5 dan toefl min 450 maka berkesempatan untuk melanjutkan penelitian di university Raja Manggala Bangkok Thailand.
Subhanallah riski yang luar biasa darinya.. percayalah saudaraku aku tidak akan pernah mampu tanpa pertolongan dan ridho dariNya. Aku teringat tentang firman Allah:

“..Dan barangsiapa yang menolong agama Allah, maka Allah yang akan menjadi penolong baginya..” (al – hajj:40)
Mungkin karena keikhlasan mengajar ngaji itulah salah satu alasan Allah menolongku meraih apa yang sebenarnya selama ini aku impikan.. alhamdulillahirobbil ‘alamin.
Setelah itu aku menjalani masa – masa menjadi seorang mahasiswa setelah 3 bulan nganggur. Awal desember th 2006 adalah awal aq kuliah.. aku berusaha untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang telah Allah berikan. Aku berjanji dalam hati terhadap orang tua, mbak dan adik2q bahwa suatu hari nanti aku akan pulang dengan membawa kabar kesuksesanku.. Aku belajar dengan sungguh – sungguh, dan jika ada tugas aku berusaha mengerjakan tepat waktu. Dosen – dosen senang padaku karena aku selalu bersungguh – sungguh, selalu memilih tempat duduk di depan, bertanya, dan aktif.
Di bulan February 2008, aku dan 9 orang temanku program beasiswa unggulan dengan nilai IPK terbaik mendapat undangan untuk menghadiri pertemuan dengan mentri pertanian yaitu bpk Ir. Anton Apriyantono di pusat penelitian kopi dan kakao Jember. Itulah pertama kalinya kisah kesuksesanku..

Kemudian setelah itu aku dan beberapa temanku juga mendapat undangan untuk mengikuti kolokuium hasil penelitian dosen – dosen UNEJ.

Pada bulan April di tahun 2008, aku mencoba untuk ikut kompetisi LKTM (Lomba Karya Tulis Mahasiswa). Even itu adalah yang pertama kalinya aku ikuti.. karena harus berkelompok min 2 orang, akhirnya aku mengajak beberapa teman, tapi mereka semua menolak. Dari kata – kata mereka sepertinya mereka ragu jika aku yang menjadi ketua kelompok aku akan dapat mewakili FTP di tingkat selanjutnya. Saat itu aku kecewa dengan sikap teman – temanku. Tapi aku tidak menyerah, aku tetap semangat.. akhirnya aku berhasil mengajak temanku ANWAR SUHADI. Alhamd..dan dosen pembimbing kami adalah bapak Ir. Achmad Subagyo., MAgr., PhD. Beliau mengajari kami menuntun dengan perlahan dan telaten, hingga akhirnya kami bisa juara II tingkat Universitas. Jasa – jasa beliau sebagai orang pertama yang mengajari kami cara membuat karya tulis tidak akan pernah kami lupakan.
Pengalaman membuat LKTM untuk pertama kalinya tersebut juga tidak akan pernah terlupakan..saat itu kami hanya mengerjakan karya tulis 3 hari karena waktu yang sudah mendesak, selain itu saat itu aku dalam keadaan sakit chikungunya. Jadi sangat sulit bergerak, bahkan harus dituntun. Tapi aku selalu semangat, meski harus berjalan sambil berpegangan ke dinding alias seperti spiderman. He..bukan hanya itu ja teman, kemana – mana aku dan anwar selalu naik sepeda pancal kami yang berwarna merah
(kebetulan aku dan anwar punya sepeda dengan jenis dan warna yang sama).. Karena hanya itu kendaraan istimewa yang kami punya di jember. Tapi Alhamdulillah kami dimudahkan oleh Allah karena niatan kami yang tulus “hanya ingin belajar”..
Sukses LKTM, membuat kami menjadi Delegasi Universitas Jember dalam acara “Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa” tahun 2008 (diselenggarakan oleh DIKTI untuk mahasiswa pemenang KKTM PTN/PTS di Jawa Timur). Kami menginap di hotel victory, batu Malang. Subhanallah saat itu betapa bahagianya.. karena menginap di hotel dg fasilitas lengkap..

Setelah sukses di LKTM tingkat universitas, aku kembali berjuang untuk mengikuti perlombaan ilmiah lainnya. Seperti PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), LIPI, LITL (Lomba Inovasi Teknologi Lingkungan), MAWAPRES (mahasiswa berprestasi), dan LKTM Kopertis Pemprov Jatim tentang pembangunan jembatan suramadu. Alhamdulillah hampir semua juara..berikut adalah dokumentasinya:

• Pengembangan Bitter Cacao sebagai Specialty Product di Kabupaten Jember.
Sebagai juara I tingkat Fakultas Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang IPA tahun 2008
Sebagai juara II tingkat Universitas Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang IPA tahun 2008
• Peningkatan Ekonomi Petani kopi rakyat melalui Pemanfaatan Limbah Kopi Sebagai Pupuk Kompos Unggulan di Desa Sidomulyo Kabupaten Jember
Sebagai penerima dana hibah DP2M Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Pada Masyarakat (PKMM) DIKTI Th. 2009




• Pemanfaatan Limbah Kulit Buah Kopi Sebagai Bioetanol Menggunakan Metode Distilasi Dengan Indikator Suhu
Peserta Lomba Inovasi Teknologi Lingkungan ITS 2009
• Desain Alat Kontrol Suhu Otomatis Pada Mesin Bioetanol
Sebagai peserta lomba LIPI tahun 2009
• Strategi Pengembangan Bitter Cacao sebagai Specialty Product sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Ekonomi di Kabupaten Jember
Sebagai juara III Mahasiswa Berprestasi Universitas Jember tahun 2009
Teman, pengalaman mengikuti mawapres juga istimewa.. aku tidak terlalu bisa berbahasa inggris itu masalahnya. Tapi lagi – lagi aku cuek, yang penting berusaha dulu untuk hasil belakangan..bismillahi tawakkaltu’alallah lahawla wa la kuwwata illabillah. Aku yakin jika sudah berusaha keras dan berdoa serta tawakkal, Allah pasti akan memilihkan yang terbaik. Meski yang terbaik menurut Allah belum tentu terbaik untuk kita..tetapi keyakinan dan usaha itu harus..AYO ASMAK KAMU PASTI BISA!Setelah meminta restu dari bapak dan ibu aku melangkahkan kaki menuju pertempuran mawapres.. ajang yang sangat bergengsi. Dari tingkat fakultas ada 7 orang yang berlomba agar dapat mewakili fakultas ke tingkat universitas. Semuanya pintar dan berkompeten..awalnya aku sempat ragu bahwa aku bisa karena ada beberapa diantara mereka yang IPKnya di atasku. Kalau aku IPK 3.62, sedangkan temanku itu ada yang IPK 3.80 dan 3.73. tapi alhamdulillah melewati proses yang panjang akhirnya akulah yang terpilih mewakili fakultas ke tingkat universitas. Karena banyak hal yang menjadi pertimbangan untuk menjadi seorang mahasiswa berprestasi. Tidak hanya nilai IPK yang bagus, tetapi juga kemampuan bahasa inggris, penghargaan – penghargaan yang pernah diraih juga kegiatan organisasi yang telah diikuti. Alhamdulillah penghargaan di bidang KTI dan kegiatan organisasi yang telah aku raih dan aku ikuti lumayan banyak, sehingga ini merupakan nilai plus buatku dan menjadi alasan untuk mewakili fakultas di tingkat selanjutnya yaitu universitas. Dan di tingkat universitas aku juara III alhamdulillah, meski belum sesuai target sampai ke nasional tapi aku bersyukur insyaAllah inilah yang terbaik untukq.amin. selain itu yang membuatku bersyukur diantara 14 mahasiswa tersebut mereka semua pintar dan aku dapat juara III sudah alhamdulillah banget..

• Pengembangan Agroindustri Berbasis Potensi Lokal Melalui Metode Holistik Sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Madura Pasca Beroperasinya Suramadu
Sebagai juara harapan I LKTM Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2009
Mengikuti lomba LKTM yang diselenggarakan oleh kopertis JATIM tersebut adalah hal yang paling nekat yang pernah aku jalani. Aku dan temanku MAULANA HENDI hanya mengerjakan karya tulis tersebut 1 hari ja karena waktu yang juga mendesak. Kami mengerjakan hari kamis dan hari jum’atnya pengumpulan terakhir di universitas. Aku dan hendi cepet – cepetan mengerjakan KTI itu. Kami tidak bisa mengerjakan KTI tersebut lebih awal karena aktivitas yang sangat padat, karena organisasi ataupun tugas kuliah yang sangat banyak. Bagi teman2 yang ingin ikut KTI jangan seperti kami ya!!^_^ biar hasilnya lebih memuaskan...

Sebulan kemudian aku seakan tidak percaya, kami termasuk 10 besar terbaik dalam LKTM tersebut dan kami diundang presentasi di surabaya tgl 5 agustus 2009 di gedung gubernur di jalan pahlawan. Padahal ada sekitar 391 karya tulis dan kami termasuk 10 besar alhamdulillah.. Akhirnya kami berangkat dengan naik kereta mutiara jam 1 malam, paginya setelah sampai ternyata kami mendapat giliran pertama untuk presentasi. Subhanallah.. bisa dibayangkan kami yang masih capek perjalanan dapat giliran pertama presentasi. Penampilan kami seadanya, tapi alhamd bapak sekda bpk Ir. Rasiyo memuji penampilan kami yang sangat bersemangat meski beliau tau kami termasuk peserta yang paling jauh karena dari Jember. Setelah diumumkan juaranya kami tetap bersyukur meski baru bisa meraih juara harapan I. Dari 10 besar tersebut kami masih termasuk yang mendapat hadiah penghargaan langsung oleh gubernur dan wakil gubernur Jatim. Juara I sampai juara harapan III akan mendapat hadiah penghargaan langsung oleh gubernur dan wakil gubernur Jatim bulan november 2009 besok. Alhamdulillah..


Selain itu di tahun ini pula alhamdulillah proposal PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) entrepreneurship challange lolos dan mendapat asupan dana dari DIKTI sebesar 20.500.000. proposal pendirian usaha tersebut tentang ”Produk terasi sedaaap Inovatif”
Tidak hanya itu saja, untuk kompetisi PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) aku telah mengirim 2 proposal tahun ini:
• Potensi Buah Siwalan (Borassus flabellifer Linn) Sebagai Sumber Serat Pangan dan Aplikasinya pada Produk Pangan
• Pendirian usaha “Cassanova Bakery” menggunakan Bahan Baku Tepung Singkong Modifikasi (MOCAF)
Keduanya masih diusulkan untuk mendapatkan dana hibah PKMP dan PKMK DIKTI tahun 2010
Alhamdulillah dari kedua proposal tersebut aku bisa mengajak sekitar 2 adek dari UKM PELITA (Penalaran dan Penelitian Mahasiswa). Yaitu adek noval untuk proposal penelitian dan adek riska untuk proposal kewirausahaan. Selain itu dengan mengirim proposal tersebut ada sekitar 5 orang teman mahasiswa yang kesemuanya dari FTP dan sekaligus anggota kosinus teta (UKI di FTP) yang bisa aku ajak. Aku ingin teman – teman juga adek – adek semua pandai menulis ilmiah.. Alhamdulillah.. doakan semua sukses ya teman..aku ingin mengajari adek2 bagaimana cara menulis KTI ataupun proposal sehingga mereka juga bisa belajar dan semoga bahkan lebih baik dariku. Amin..
Kemarin aku juga telah memenuhi syarat untuk bisa melanjutkan double degree di Thailand..tapi tidak bisa tahun ini karena dananya bergantian begitu katanya. Semoga dikti bisa segera merealisasikan janjinya kepada kami. Selain itu sebenarnya aku juga sudah mengirimkan CV ke salah seorang dosen di UPM (University Putra Malaysia) supaya mendapat beasiswa S2 dan menjadi asisten dosen disana. Meski sebenarnya dekan FTP lebih menganjurkan dan menyarankanq untuk melanjutkan S2 di Belanda (netherland). Wallahu’alam bishowab manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, pada akhirnya biarlah Allah yang menentukan yang terbaik untuk kita.
Itulah sedikit kisah perjalanan hidupku yang semoga dapat diambil ibrohnya (pelajaran) dan bermanfaat untuk kita semua. Amin.. meski sebenarnya setiap orang memiliki jalan suksesnya masing – masing.. percayalah suatu hari nanti anda juga akan dapat merengkuh kesuksesan itu.amin
Yang terpenting saudaraq..jika ingin sukses berusahalah untuk seimbang (tawazun) antara ilmu duniawi dan ukhrawi..janganlah mengabaikan yang satu dengan yang lain. Janganlah karena ingin IPK bagus dan sukses jadi tidak peduli dengan agama kita yaitu islam, bersikap cuek apalagi sampai melupakan keimanan dan ketakwaan yang kita miliki. Naudzubillah..keimanan dan ketakwaan itu bahkan lebih berharga dari dunia seisinya..karena dengan keimanan dan ketakwaan itu Allah akan dekat dengan kita dan jika sudah seperti itu maka Dia akan memudahkan dan selalu memberikan pertolongan kepada kita seperti janjiNya. Siapa yang menolong agama Allah maka Allah yang akan menjadi penolong bagiNya. Maka siapakah penolong yang lebih hebat dari Allah?Allahuakbar..Dialah yang maha besar maha kasih dan maha penyayang terhadap semua hambaNya..
Belajarlah dengan maksimal... buatlah target harianmu!!karena itulah yang selama ini aku lakukan. Setiap hari terutama pagi sebelum beraktivitas, aku menulis apa saja yang akan aku kerjakan hari itu. Setiap aku telah mengerjakan jadwal itu aku beri tanda cawang () dan malamnya aku melihat kembali jadwal itu sembari muhasabah (introspeksi diri) mana – mana yang belum aku kerjakan..
Selain itu beribadah dengan maksimal. Ibadah disini tidak hanya sholat 5 waktu dan berdoa, tapi kita juga tanggap dengan keadaan islam saat ini dengan mengkaji islam lebih dalam dan bersikap peduli terutama kepada saudara – saudara kita yang lain di sekitar kita. Caranya bisa dengan hadir pada pengajian – pengajian akbar seperti IKADI setiap 2 minggu sekali atau dengan kajian rutin atau liqo’. Selain itu bisa juga dengan ikut aktif kegiatan di UKI kampus dll. Carilah ilmu Allah dimanapun itu..karena:
”Allah mencintai seseorang yang ahli ibadah, tapi Allah lebih mencintai pemuda yang ahli ibadah..”
Perdalam pemahaman ilmu dunia dan akherat kita, insyAllah dengan seperti itu kita akan sukses dunia dan akherat.amin.
Semoga Allah menggolongkan kita dari segolongan hambaNya yang beriman dan berilmu pengetahuan.amin
”..dan Allah meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat..”
Baiklah..hanya ini yang bisa aku utarakan teman, semoga bermanfaat dan tidak menjadikanku sombong karenanya akan tetapi lebih mempertebal kesyukuranku padaNya. insyaAllah.amin. Karena ketahuilah saudaraku tidak akan pernah ada orang hebat di bumi ini jika tanpa campur tangan Allah..
Terakhir prestasi itu tidak hanya di bidang akademik, silahkan cari peluang dan hobi positif pada diri kita masing – masing..dan banyak berlatih hingga peluang dan hobi positif tersebut dapat menjadi kekuatan yang bermanfaat baik bagi diri sendiri, keluarga, agama dan negara ini. Amin.
Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan!!wassalamu’alaykum wr. wr..


Asmak Afriliana
Nb: silahkan jika ada teman – teman yang ingin liqo’ dan bertanya seputar KTI insyaAllah saya bersedia untuk membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar